Macam-Macam Pakan Kelinci

Macam-Macam Pakan Kelinci - Sebagai hewan herbivora alias pemakan tumbuh-tumbuhan, pakan utama dari kelinci adalah hijauan. Dan seperti mahkluk hidup lainnya, secara umum kelinci juga membutuhkan protein, karbohidrat, abu, vitamin ( A,B,D,E ), hidrat arang, serat kasar, dan lemak.

Untuk kelinci liar, pemenuhan akan kebutuhan pakan ini tentu tidak begitu masalah. Mereka dapat mencari dan mengatur sendiri keseimbangan pakannya dengan memilih berbagai macam pakan yang ada di alam. Namun untuk kelinci peliharaan atau ternakan, tentu kebutuhan pakan ini menjadi tanggung jawab sang peternak kelinci. Jenis dan jumlah pakan yang diberikan sangat menentukan pertumbuhan, kesehatan, dan perkembangbiakan dari kelinci-kelinci peliharaan tersebut. Dan macam-macam makanan kelinci yang biasa diberikan oleh peternak adalah sebagai berikut :

macam-macam pakan kelinci
 Timothy Hay

Aneka Makanan Kelinci

  • Hijauan. Untuk peternak-peternak kelinci tradisional yang hanya memelihara kelinci sebagai usaha sambilan, biasanya mereka hanya memberikan hijauan kepada ternaknya. Dan macam-macam hijauan itu antara lain berupa rumput lapangan, daun pisang, daun lamtoro, daun ubi jalar, daun kembang sepatu, daun kacang panjang, daun pepaya, daun jagung, daun talas, dll. Serta dapat juga diberikan limbah sayuran seperti kangkung, wortel, daun brokoli, sawi, caisim, dll. Kelinci yang hanya diberikan hijauan saja biasanya pertumbuhannya akan lambat dan tidak dapat mencapai berat maksimal.
Perlu diperhatikan sebelum diberikan kepada kelinci hijauan harus dilayukan terlebih dahulu. Hal ini ditujukan untuk mengurangi kadar air, mempertinggi serat kasar, serta menghilangkan getah dan racun yang bisa membuat kelinci kembung dan mencret.
  • Biji-bijian. Sangat baik diberikan terutama pada kelinci bunting dan menyusui karena mengandung protein yang tinggi. Jenisnya antara lain adalah jagung, padi, kacang hijau, kacang tanah, dan gandum. Namun karena harganya mahal makanya biasanya peternak menggunakan alternatif pengganti yaitu bekatul, ampas tahu, bungkil kelapa, dan bungkil kacang tanah. Sebelum diberikan kepada kelinci, biji-bijian tersebut harus dihaluskan terlebih dahulu.
Pemberian biji-bijian pada anak kelinci dapat mempercepat pertumbuhannya sehingga dapat mencapai bobot maksimal setelah dewasa.
  • Hay. Adalah pakan cadangan untuk menghadapi kemarau panjang yang membuat hijauan menjadi sulit diperoleh, serta sebagai alternatif pakan bagi kelinci yang terserang mencret. Merupakan rumput awetan yang dipotong menjelang berbunga. Dikeringkan secara bertahap agar kandungan gizinya tetap terjaga. Beberapa jenis pakan yang bisa dijadikan hay antara lain adalah rumput cakar ayam, rumput ginting, rumput kalamenta, rumput jampang, rumput gajah, pucuk tebu, daun kacang-kacangan, daun pisang, daun lamtoro, dll.
  • Umbi-umbian. Dapat diberikan sebagai pakan tambahan atau selingan. Jenisnya antara lain ubi jalar, ganyong, uwi, talas, dan singkong.
  • Konsentrat. Berfungsi untuk meningkatkan nilai gizi dari pakan. Selain itu, pemberian konsentrat juga mempermudah penyediaan pakan. Terdiri dari pelet ( pakan olahan pabrik ), bekatul, ampas tahu, bungkil kelapa, dan bungkil kacang tanah. Jika kandungan dari pelet sudah mencukupi kebutuhan, maka kelinci dapat juga tidak diberikan hijauan sama sekali.

18 komentar

Terima kasih mas.. sangat membantu sekali artikel ini. Untuk menghilangkan bau yang menyengat dari kotorannya harus diberi makanan apa ya.. selama ini hanya saya kasih rumput & sayur-sayuran

Jika hanya makan rumput dan sayuran, kotoran dan kencing kelinci memang cenderung lebih berbau menyengat. Ada beberapa cara untuk menanggulanginya.

1. Sistem perkandangan (pembuangan kotoran yang baik), dimana kotoran dan kencing kelinci tidak berkumpul/langsung terpisah.

2. Mengganti pakan kelinci dengan konsentrat dan hay.

3. Saat ini sudah ada produk penghilang bau kandang yang dijual bebas di pasaran. Atau bisa juga dengan menyemprot kandang dengan campuran EM4 dan molase, atau mencampur air minum kelinci dengan EM4 (peternakan) juga cukup efektif mengurangi bau.

Semoga bermanfaat

kelinci gw udh gw kasih pelet, tapi dia gk doyan. gimana ya, cara biar dia doyan?

mohon bantuan nya...

Kelinci dipuasakan dulu, lalu berikan peletnya.

kelinci saya lagi mencret, aduh kasihan, kayaknya sudah mau mati nih...
pas baca artikel ini mungkin penyebabnya abis dikasi makan sayuran segar, langsung dari kulkas, wah nyesal.... kalo udah gini mau digimanakan lagi ya?

coba selama 1 hari jangan diberi minum dulu, untuk pakan berikan hay saja. bisa juga ditambah dengan memberikan injeksi vit. Bkomplek atau B12 untuk daya tahannya. mudah2an membantu.

kelinci saya gk mau mkan pelletnyaa... gimana dong..?

Pertanyaanya sama dengan yg diatas, sudah saya jawab.

saya selalu kasih sayuran fresh kepada kelinci dan dia baik-baik saja tidak mencret. Apakah itu tidak apa-apa???

Jika di daerah yang agak panas, dan / atau kelinci dibiarkan bebas diluar kandang, pemberian sayuran yg masih fresh memang tidak akan terlalu mengganggu sistem pencernaan. Namun utk jaga2 / menghindari masalah yang mungkin saja muncul, sebaiknya hijauan dilayukan terlebih dahulu.

apa boleh kasih jagung pda kelinci umur 2 bulan..?

kelinci sya kok g mau dedek/bekatul...gmna cranya agar doyan...???tx

apa boleh memberikan pelet yg memang sdh tersedia di penjual pakan ayam(pelet ayam) ????

di kampung saya banyak ubi jalar, apakah makanan seperti itu bisa buat kelinci agar tumbuh sehat dan segar jika ditambahkan dengan polar ......

gan perubahan cuaca bs mempengaruhi daya tahan tubuh kelinci juga ya?soalnya brp kelinci saya tiba" mati,padahal brp jam sblmnya makan sayuran yg sudah saya keringakan juga lahap..mohon pencerahannya dan bimbingannya gan..masi newbie soalnya.

Setres kelinci anda itu d akibatkan pengasuh nya

Induk kelinci saya tdk mau nyusui mulai dia partus, jadi saya bantu dngan susu SGM yg nol tahun. Apa bisa....? Alhamdulillah matanya suda terbuka


EmoticonEmoticon