Standar Kesempurnaan Kelinci Rex 2

Standar Kesempurnaan Kelinci Rex2 – Sebelumnya pada artikel “standar kesempurnaan rex 1” (silahkan di-klik untuk melihat), saya sudah menjelaskan tentang pose, tubuh, kepala, dan telinga dari kelinci rex yang layak untuk diikutkan dalam kontes. Posting kali ini adalah kelanjutan dari posting tersebut.

standar kesempurnaan kelinci rex

Agar tidak membuang banyak waktu, mari langsung masuk pada pokok pembahasan, yaitu standar kelinci rex yang dikatakan sempurna dan layak untuk diterjunkan di arena kontes.

Standar Kelinci Rex Kualitas Kontes

5. Mata
Mata kelinci rex yang baik adalah yang terlihat bersih, tebal, dan cerah. Warna mata sesuai (bukan sama) dengan standar warna pada bulu. Mata bulan akan mendapatkan diskualifikasi.

6. Kaki dan Kuku
Kaki kelinci rex yang ideal adalah yang mempunyai tulang medium dan lurus. Kaki kelinci rex juga tidak terlalu panjang, kaki depan agak lebih pendek. Kelinci rex yang mempunyai warna Hitam, Black Otter, Biru, Castor, Chinchila, Coklat, Lilac, Lynx, Opal, Merah, Sable, dan Seal harus mempunyai warna kuku yang gelap. Untuk kelinci rex yang berwarna Putih, kuku kaki harus berwarna putih atau pink (seperti warna kuku jari-jari kita). Untuk warna Broken (belang), warna kuku tidak terlalu menjadi persoalan (asalkan seragam). Nilai kurang akan didapatkan jika kelinci memiliki kaki yang terlalu panjang dan mempunyai tulang yang agak tipis. Diskualifikasi akan didapatkan jika kelinci rex mempunyai warna kuku yang salah (tidak sesuai standar).

7. Ekor
Ekor haruslah lurus melipat keatas ke arah punggung dan mempunyai panjang yang proposional dengan besar tubuh secara keseluruhan.

8. Bulu
Ini adalah yang terakhir namun bisa dibilang sangat penting. Banyak sekali saya jumpai peternak kelinci rex yang belum memahami standar yang baik untuk bulu rex ini. Sebutan “kelinci karpet” yang umum disematkan pada kelinci ini adalah salah satu buktinya. Belum lagi “hancurnya” warna-warna kelinci rex yang banyak beredar dipasaran.

Kelinci rex yang baik adalah yang mempunyai bulu halus (seperti beludru), padat, lurus, tegak, dan cerah. Panjang bulu penjaga (guard hair) dan bulu dalamnya seragam sehingga susah dibedakan. Panjang bulu tidak boleh kurang dari ½ inci dan tidak boleh lebih dari 7/8 inci, idealnya adalah 5/8 inci. Panjang dan kepadatan bulu harus seragam di seluruh tubuh.

Untuk mengecek kehalusan bulu, gunakan punggung telapak tangan untuk mengusap bulu. Semakin halus bulunya, maka akan semakin tidak terasa (seperti mengusap angin).

Untuk mengecek tekstur, usap bulu rex mulai dari bokong hingga ke bahu. Jika tekstur bulu kelinci rex tersebut baik, maka jejak tangan anda tidak akan terlihat (bulu kembali ke posisi semula). Jika jejak tangan anda terlihat (ada bekas dari usapan tersebut), itu berarti tekstur bulu pada kelinci rex tersebut kurang hidup.

Selanjutnya untuk masalah warna. Bulu kelinci rex yang baik haruslah mempunyai warna yang cerah, tajam, dan sesuai standar (tidak rusak). Ini juga merupakan masalah yang paling umum di Indonesia. Kelinci-kelinci rex yang beredar di pasaran kebanyakan pola warnanya sudah rusak dan tidak sesuai standar.

Fault atau kesalahan (nilai kurang) akan didapatkan jika kelinci rex tersebut:

Mempunyai warna bulu yang kusam, bulu penjaga (guard hair) tidak sama panjang dengan bulu dalam, bulu keriting (seperti karpet), tekstur bulu kasar dan tipis, jejak tangan terlihat ketika bulu diusap, penampilan bergelombang (panjang bulu tidak rata), dan pola warna kurang sempurna.

Diskualifikasi akan didapatkan jika fault/kesalahan seperti yang disebutkan diatas terlalu mencolok.

Jika berminat untuk mengetahui standar pola warna yang benar dan cara mengawinkan kelinci rex berdasarkan pola warna untuk menghasilkan kelinci-kelinci rex kualitas kontes, silahkan lihat DISINI.

2 komentar

materinya udah sya trima....mksh udah dpt panduan mskipun bru scra tertulis.btw bnyak yg baru sya thu, mulai bnernya n ksalahan yg telah sya lakuin.heheheheh.....cukup smpe disini.slnjutnya aq bisa lakuin yg bner??amien.mgkin laen waktu bisa dilanjut di peternakan waktu k malang....tank's for all


EmoticonEmoticon