Standar Kesempurnaan Kelinci Rex 1

Standar Kesempurnaan Kelinci Rex1 – Pada posting terdahulu saya sudah menceritakan tentang sejarah kelinci rex dan stadar umum yang diakui untuk kelinci rex. Untuk posting kali ini kita akan membahas lebih mendalam tentang kualitas kelinci rex. Ini ditujukan bagi yang ingin mengikuti kontes, dimana memang saat ini kontes kelinci sudah sangat marak diadakan di kota-kota besar di Indonesia.

Seperti diketahui bahwa kelinci rex terdiri dari 2 tipe, yaitu kelinci rex standar dan mini rex. Kelinci rex standar memiliki bobot antara 3,4kg – 4,7kg dengan bobot ideal 3,6kg (jantan) 4kg (betina) (bobot yang biasa diikutkan dalam kontes). Sedangkan kelinci mini rex mempunyai bobot 1,4kg – 2kg dengan bobot rata-rata 1,8kg (bobot yang biasa diikutkan dalam kontes).

Mungkin masalah bobot ini agak sedikit membingungkan, karena di Indonesia kebanyakan kelinci rex yang beredar hanya berbobot antara 2,5kg – 3,5kg. Jadi tidak termasuk ke dalam 2 tipe bobot standar yang diakui dunia diatas. Sebenarnya hal ini terjadi karena pada awalnya banyak peternak yang menyilangkan kelinci rex dengan kelinci lokal untuk mempercepat laju populasi kelinci rex. Well.., saya tidak akan membahas ini lebih lanjut, silahkan baca postingan saya “Kualitas bukan Kuantitas”.

standar kesempurnaan kelinci rex

Baik, kita langsung masuk pada pokok pembahasan, yaitu Standar Kesempurnaan Kelinci Rex. Perlu diketahui sebelumnya bahwa ini hanya panduan umum, dan standar penilaian kontes sepenuhnya adalah hak juri dan organisasi penyelenggara kontes.

Standar Kelinci Rex Kualitas Kontes atau Show

1. Pose
Hal pertama yang akan dinilai dalam kontes adalah pose dari kelinci secara keseluruhan. Rex adalah kelinci dengan tipe tubuh komersial, karena itu ketika berpose jari-jari kaki belakang harus sejajar dengan paha dan pinggang, dan untuk jari-jari kaki depan bila ditarik garis lurus ke atas sejajar dengan mata.

2. Tubuh
Kelinci rex yang ideal harus mempunyai proporsi tubuh yang baik, yang mencerminkan kualitas kelinci pedaging. Pinggul harus bulat dan penuh, panjang badan medium, lebar bahu seimbang dengan rusuk dan pinggul, serta terlihat kokoh dan berotot. Besar kepala, telinga, kaki-kaki, dan ekor harus seimbang dengan anggota tubuh yang lain, dan memiliki ukuran tulang yang medium. Ketika anda meraba bagian punggung hingga ke ekor, tidak terasa tulang-tulang yang terlalu menonjol (kelinci terlalu kurus). Pada bagian pinggul bawah tidak terdapat lipatan-lipatan lemak (kelinci terlalu gemuk).

3. Kepala
Kepala kelinci rex yang ideal haruslah agak lebar (rex jantan harus mempunyai kepala yang lebih lebar dari betina) dan mepet dengan bahu (terlihat seperti tidak memiliki leher). Dan besar kepala harus terlihat proposional dengan telinga dan badan. Nilai kurang akan didapatkan jika kelinci rex memiliki bentuk kepala yang lancip dan kepala yang kecil yang tidak seimbang dengan tubuhnya.

4. Telinga
Telinga kelinci rex yang ideal adalah yang tidak terlalu lebar dan mempunyai ketebalan medium. Panjangnya seimbang dengan besar kepala dan tubuh, serta posisinya berdiri. Nilai kurang akan didapatkan jika telinga terlalu tipis atau telinga terlalu lebar dan terlihat tidak proposional dengan tubuhnya.


Karena akan terlalu panjang jika dibahas secara tuntas dalam satu postingan, maka artikel mengenai kualitas kelinci rex standar kontes ini saya bagi menjadi 2 bagian. Semoga apa yang saya sampaikan di atas dapat bermanfaat!


EmoticonEmoticon