Kelinci Raksasa (Flemish Giant)

Sekarang kita akan membahas tentang jenis kelinci raksasa yang banyak diidamkan oleh para penghobi – yaitu kelinci Flemish Giant.

jenis kelinci raksasa flemish giant

Seperti embel-embel yang ada di belakang namanya – GIANT yang berarti RAKSASA – keistimewaan kelinci ini memang terletak pada bobotnya yang luar biasa.

Sejarah dari kelinci ini sendiri kurang diketahui secara pasti. Namun banyak yang percaya bahwa kelinci ini merupakan keturunan dari kelinci liar Argentina.

Hal tersebut berdasarkan dari catatan kuno, bahwa sebelum abad ke-16 dan 17 para pedagang dari Belanda membawa kelinci raksasa dari Argentina ke Eropa – yang kemudian mereka budidayakan.

Catatan resmi dari jenis kelinci Flemish Giant ini sendiri baru ada pada tahun 1860. Sebelum menyebar ke seluruh dunia seperti saat ini, awalnya Flemish Giant hanya dikembangkan di Inggris untuk memenuhi permintaan akan daging kelinci di negara tersebut.



Hal yang sama juga pernah dilakukan di Indonesia, dimana pada th.1981 pemerintah Belanda mendatangkan kelinci Flam (sebutan masyarakat awam untuk jenis kelinci ini) sebagai hadiah kepada Presiden Suharto untuk meningkatkan gizi masyarakat di pedesaan. Namun usaha tersebut gagal total.

Pada kenyataannya kelinci ini memang kurang baik untuk dijadikan pedaging – walau memiliki ukuran tubuh yang sangat besar.

Ciri-Ciri Kelinci Flemish Giant

  • Mempunyai badan yang panjang (lebih dari 20 inch atau 50,8 cm untuk yang telah dewasa), bertulang tebal, dan dada penuh berisi.
  • Kepala lebar, telinga panjang dan tebal serta berdiri (panjang telinga tidak kurang dari 6 inch atau 15 cm untuk yang dewasa), serta mempunya kaki yang besar, panjang dan kokoh.
  • Warna dari kelinci Flemish Giant yang diakui adalah hitam, biru, coklat kuning muda (fawn), abu-abu terang, seperti pasir (sandy), abu-abu besi (steel grey), dan putih. Jadi tidak ada kelinci Flemish Giant yang mempunyai warna broken (2 atau 3 warna dalam satu tubuh).
  • Berat minimal setelah dewasa adalah 6,3 kg, jadi semakin berat semakin bagus. Menurut catatan ada yang mencapai berat hingga diatas 12 kg.
Bagi anda yang berminat untuk membeli kelinci jenis ini untuk keperluan hobi, maka pastikan kelinci tersebut sudah sesuai dengan ciri-ciri yang disebutkan diatas (khususnya untuk masalah bobot).

Jangan terlalu percaya dengan perkataan peternak, karena saat ini banyak sekali kelinci Flemish Giant yang telah disilangkan (sehingga bobotnya dibawah standar). Kalau perlu bawalah timbangan sendiri untuk menimbang.



103 komentar

Hello..
Kelinci himalayannya ada yang dijual gak? Berapa ya harganya? Saya di Malang.

Dalam 1 bulan kedepan akan ada jenis himalayan yang siap dijual. Nanti saya posting.

dimana saya bisa membeli kelinci jenis giant raksasa itu?

Sebenarnya ada banyak tempat yang menjual flemish giant, namun sayangnya kemurnian kualitasnya meragukan. Mbak selvi tinggal dimana? Mungkin nanti saya bisa merekomendasikan tempat2 penjual FG yang lumayan jujur.

mas rumah saya di ngoro jombang saya ingin punya flam yang besar kalo anakan sapihan berapa hrgnya dan dimana ?

mas, rekomen untuk semarang dong...
udah lama cari tp blom ketemu.

Buat mas Abdul Manaf.
Kalau utk Flam yang sekedar besar mungkin ada banyak mas, coba saja cari di peternak2 lokal disana. Ciri2 yg paling gampang dilihat adalah telinganya panjang dan besar. Kalau untuk kelinci Flam yang sesuai standar ( berat min. setelah dewasa 6,3 kg ) mungkin agak susah mas, karena jarang ada yang punya. Saya bisa menyediakan cuma barangnya terbatas.

Buat mbak Ika,
Setau saya di semarang ada oeeng's rabbit. Coba tlp no.081802493900 untuk tanya lebih jauh. Kalau utk jenis rex saya rasa disana cukup bagus, tp klo utk jenis yg lain saya nggak berani memberikan rekomendasi. Coba mbak Ika bandingkan saja ciri2 kelinci yg saya jabarkan di blog ini dengan kelinci yg ada disana sebelum membeli.
Semoga membantu.

berapa anak setiap kelahiran

Untuk setiap kelahiran sama seperti jenis2 kelinci lain, antara 4 sampai 12 ekor, rata2 6 ekor.

uw klo msh anakan, bedanya dengan kelinci lain apa?

Secara fisik yang pasti telinganya sangat panjang dan lebar serta berdiri. Trus pertumbuhannya juga sangat cepat.

saya mbah nota dikediri menginginkan kelinci jenis flemish giant yang umur dewasa satu pasang kira kira harga sampek berapa dan bagaimana cara saya untuk memperolehnya

Harganya tergantung dari bobot kelinci dan kesempurnaan bentuk tubuh. Untuk kelinci Flemish Giant yang kualitas bagus ( Berat antara 6,2 kg sampai 8,4 kg ) setau saya harganya antara 1,6 juta sampai 3,5 juta ( tapi bisa juga di tempat lain harganya berbeda ). Kalau memang Bapak berminat tolong tinggalkan no HP, nanti kalau ada akan saya kabarin.
Salam

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

bang, kalau yang jual flemish disekitar solo mana ya? yang kualitasnya masih bagus?

Maaf mas, sampai saat ini saya blom tau tempat di solo yg punya flams bagus.

mas saya butuh klinci flams yang bagus satu pasang entah anakan/indukan trserah yang penting asli,klo ada hubungin saya dnmr hp.085730723111 nama aris dari bojonegoro.

sy ingin flem yg pure breed, lokasi sy di Jakarta. bisa bantu beri informasi?

regards
Steve

@Mas Aris: OK mas, nanti saya hubungi secepatnya.

@Mas Steve: Klo utk FG memang yang kualitas bagus berasal dr Jatim mas, saya bisa menyediakan. Utk pegiriman ke Jkt tdk terlalu masalah.

pak Hendra,saya omy tinggal di Gurah-Kediri, dimana bisa dapat FG yang bagus di sekitar kediri..?

@Mas Omy: Tabos Rabbit kan sudah ada di Kediri, coba hubungi mas Oki.

mas, saya erik, dari bandung, flemish giant yg pure dijual dimana ya? bisa minta rekomendasinya gak?

saya ari,saya bisa mendapat flemish giant di magelang dimana ya?

@Mas Erik: Coba cr di balitnak bogor mas, klo disitu dijamin pure.

@Mas Ari: Klo di magelang susah mas (coba baca postingan saya " Susahnya Mencari Kelinci Ras Murni "), atau mau saya kirimin dr Batu aja?

mas mau tny, sy tinggal di gresik. kalo mau FG yg murni di dekat gresik dimana yach trus harga sampai berapa? tks infonya bisa add Ym ke zulynur@ymail.com
ato i.mongZA@gmail.com

rayamuzaki@gmail.com delete 31 Oktober 2009 pukul 04.04

mas mau tny,saya tinggal di daerah bekasi untuk mendapatkan kelinci FG di daerah bekasi dimana?harga satuanya berapa?terimakasih mas..

nama saya Soni, saya tinggal di lampung mas, dimana saya bisa dapat FG dan kelinci hias lainnya dengan kualitas bagus. makasih mas.

@ Mas Imron, Mas Zaki, Mas Soni :
Saya bisa kirim luar kota dan antar pulau, klo serius bisa hub langsung via tlp, untuk harga berbeda-beda tergantung umur dan kualitas.

mas bias dikirimi gambar flams giant umur 5 bulanan n harga berapa ya

assalamualaikum...

saya punya kelinci jenis flams umur kurang lebih 2 bulan ... tapi saya ragu ini jenis asli atau bukan , saya beli di pasar hewan madiun seminggu yang lalu . mohon berikan ciri 2 yang pasti agar saya bisa yakin bahwa itu jenis yang asli atau bukan...
terimakasih
wasalam

wa'alaikum salam wr.wb
ciri2 diatas yang saya sampaikan adalah standar ARBA, saya rasa itu sudah sangat jelas. tp klo masih anakan memang sangat sulit, kecuali kita melihat induknya secara langsung. ada baiknya untuk mengirim foto kelincinya (dari berbagai sudut) ke alamat e-mail saya.
salam

Mas, saya Triya di Blitar, jawa timur. Pingin banget punya kelinci FG yg murni, tp takut ditipu kalau beli sendiri. Bisa bantu belikan gak? Anda yg membelikan dan dikirim ke alamat rumah saya, nanti uangnya bisa ditransfer. Thanks sebelumnya. No Hp saya 08563553137

Waduh... saya juga tertarik nih FG... untuk indukan berapa yach harganya, tolong informasi ke encepdimas@yahoo.co.id

halo mas, Ini Annur, saya dari dulu cari FG yang murni nih n ga ketemu. Kalau ada info dong mas, aku mau deh buat indukan. email aja ke saya di m_annur2001@yahoo.com or sms ke 085920775726.

ass mas..saya dally di kaltim tempatnya di Kota Bontang mas bisa ga carikan Fg sepasang dan rex putih sepasang..bisa gak dikirim sampe Bontang..klo ada ini alamat email saya: tri_dally@yahoo.com

Mas, saya Eko mau tanya harga FG sepasang berapa yg anakan / indukan kalo kirim ke Jakarta?? kirim ke e-mail saya patrick_freeyork@yahoo.co.id trima kasih.

mas,saya dika mau tanya harga FG yang asli dan dimana lokasi peternakanya di wilayah semarang y? tolong kirimin ke e-mail saya hardika_primayandi@yahoo.com

@Dika: klo mau yg bener2 purebreed bisa coba hubungi Balitnak. klo ingin yang bagus (sesuai standar)-> namun tanpa catatan yang jelas, saya rasa di sekitar semarang banyak, utk harga bervariasi tergantung kualitas dan daerah peternakan.

Mas Hendra, Ini Annur saya ada FG 7 buah cuman sekarang saya masih bingung untuk merawat anakannya. Maksudnya gini mas, indukannya udah melahirkan (rata2 6-8 ekor) dan tiap kali lahiran indukannya susah2 gampang untuk menyusui dan kadang2 akibatnya anaknnya mati semua mas. Empat betinanya udah lahir semua n yang selamat sampai besar sekarang cuman 2. Ada informasi ga mas gimana caranya. Nomor HP 085920775726. Minta tolong ya mas... butuh banget nih...

@Annur: Sebaiknya tlp lngsng ke HP saya saja mas (0817383317), terlalu panjang utk ditulis disini krn saya jg belum paham dgn cara perawatan, pakan serta ukuran kandang yg anda pakai.

mas boleh minta daftar harga semua jenis ga?? saya mo coba ternak tapi agak bingung mau ternak jenis yang mana, sekalian harga FG ya mas,,,harap dimaklum atas permintaan saya, maklum kantong masih kejepit...hehehehe...tapi tertarik utk membudidayakan kelinci sekalian mo coba cari peruntungan.... :)
Saya tinggal di poltangen pasar minggu.
terimakasih sebelumnya

@Andi: mending tlp lngsng aja mas, lebih enak ngomongnya.

mas , tolong informasikan kalo sekitar Purwokerto saya mau dapat FG yang bagus dimana...???? dan agak jujur pedagangnya. tlng infokan ke 085647610444

salam..

mas, saya baru mulai budidaya kelinci flam dg indukan 8 pejantan 2.. untuk 1 x makan konsentrat berapa gram yang harus diberikan.. jika ada selingan dengan hijau2an.. bagusnya gmana?

terus pemasaran yang bagus didaerah jabar dimana?

Saya Robbi di padang menginginkan kelinci jenis flemish giant yang bagus(pure)dewasa sepasang. kira kira harga + ongkos kirim sampe padang berapa ya

@anonymous diatas: utk takaran pemberian konsentrat tergantung dari konsentrat yang digunakan dan bobot kelincinya. sekedar ilustrasi utk indukan bobot 3kg cukup diberikan 100gr/hari (dlm keadaan kering), jika dlm keadaan bunting dan atau menyusui kebutuhan pakan akan meningkat hingga 200gr/hari (ini jika menggunakan Tabos Rabbit Food). semoga membantu.

@Robbi: klo hanya sepasang saya rasa lebih berat di ongkosnya bos. sebaiknya bisa lngsng via tlp aja jika masih berminat.
Salam

mas kalo di malang pa tabos rabbit sdah ada?coz ane mau ternak kelinci.mksh

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

saya lagi cari FG & Flams, kira2 dimana yg jual kelinci tsb ? yg dkt daerah cirebon. tolong info harga dan alamatnya juga. Thx-Irfan

kalo bisa tolong infonya via sms 081 284 109 009. Thx-Irfan

Pak Hendra, saya lagi nyari FG yg murni, kira2 dimana bisa sy dptkan untuk daerah Kaltim?
trmksh sblmx..

@Bapak di Kaltim: boleh tau kaltimnya mana?

mas mau tanya..
klo sekitaran jakarta dimana yah nyari yang murni??
atau sekitaran jabodetabek..
harga anakannya berapaan yah??
saya di jakarta selatan..
mungkin ada recomendasi..
thanks..

maaf, saya tdk bisa memberikan rekomendasi, orang2 yg saya kenal sudah tdk memelihara kelinci lagi.

Mas, sy bowo sy mau tanya utk fg pure breed anakkan usia 6 bulan berpa y perekor?. Kl dikirim ke jakarta biayany brp?. Sy bth 1 ekor FG betina.tq

Maaf mas Bowo, saat ini tdk ada yg usianya 6bln.

usia dewasa yang flemish giant ada ga mas? tq

maaf mas hendra,mw tanya...
flams giant yang berusia 2 bulan harga sepasangnya berapa ya?dan daerah kota rembang ada yang jual gak?trimakasih...

saya basuki......minta tolong cara membedakan antara FG, flams dan new Z/australi....dan tolong beri info kalo mau beli FG di lumajang.....nuwun terima kasih...

@Imam Yulianto: saat ini harga anakan FG 2-3bln antara 300rb-400rb/pasang.

@Basuki: FG = Flams (ini hanya masalah lidah orang indonesia utk mempermudah penyebutan Flemish Giant), untuk membedakan bisa dilihat ciri2 FG pada postingan diatas dan ciri2 New Zealand yang juga sudah saya bahas di blog ini.

Mas, sy mau donk flemish giant putih polos dan hitam polos,satu pasang, lokasi bogor.. tolong ya klo ada dikabarin.. yg bener2 bisa besar.

thank youuuu....

silvia
085740707777

bisa pesan klinci FLEMISH GIANT i jodoh ga mas yang umur 2bln 1 jodo hub 085643831459

Silahkan langsung ke no HP saja 0817383317, tolong disertakan identitas. Sms yg hanya bertanya tanpa menyampaikan identitas (nama dan lokasi) memang jarang saya balas, trims.

kalo yg jual flemish giant di palembang tau gak mas ?

@Rafido: sepertinya ada mas, tp saya kurang tau, maaf. coba surfing aja di mbah Google, mungkin ketemu.

@Rafido: sepertinya ada mas, tp saya kurang tau, maaf. coba surfing aja di mbah Google, mungkin ketemu.

@Rafido: sepertinya ada mas, tp saya kurang tau, maaf. coba surfing aja di mbah Google, mungkin ketemu.

mas tanya sepasang indukan FG sampai brp?

mas aq ai' di jogja. mau tanya umur brp ya sebaikx kelinci itu agar bisa di latih dan diberi vaksin?
dan tempat di jogja jual kelinci himalaya dimana yah maksih.

Salam Kenal,
Saya ingin berternak Flemish Giant yg purebreed, lokasi saya dicibinong bogor, apakah bpk masih bisa bantu, mohon infonya dikirimkan keemail saya alfredonurdin@gmail.com karena internet sering lemot jadi jarang buka.
terimakasih

Sudah saya balas ke email pak.

harga FG 2 blnan pure kisaran brp bos,...sy di karangploso..& dmn peternakan yg jual pure

mas hendra... saya butuh kelinci flemish pure unggul umur 2-4bln betina...kira2 tau ga breder FG yg di jakarta..butuh info nya ya mas?
salam andi 085691173902.

mas hendra...sy butuh kelinci flemish giant, berat diatas 5 kilo, siap kawin, umur 1 - 1,5 tahun, kalo bisa warna hitam atau abu2(silver)...kira2 tau ga bos peternak FG daerah yogyakarta..butuh info secepatnya.
Thanks. Gibran 081804244886 (mk.gibran@ymail.com)

Mas klo harga kelinci FG indukan brapa yaa ?

mas tolong kasih tahu alamat saya bisa mencari kelinci FG untuk daerah cilacap , wahyu cilacap bisa sms di 085291762327 atau email di aa.rooney@yahoo.co.id makasih

Saya baiq nadia. Saya mau numpang tanya, dimana saya bisa beli flemish giant murni di jakarta? Tolong beri tau saya via sms 087878731012. Sangat susah untuk mencari yg murni di jakarta

Saya anto di tumpang (malang)
mau minta alamat yg jual kelinci FG di malang sini mas..Tlong dismskan kenomer ini mas 081805072105 . Saya tunggu infonya

Saya edo mas, klo yg jual FG daerah bekasi dimana ya? Untuk harga sepasang di mas hendra berapa ya? Tolong infonya dong ke nomor ini mas 0888-1984-588. Trimakasih

Mas hendra saya yantono malang... hrga bibit klinci FG ampe brp ya?
Trs peternakan klinci FG untk area malang dmn yaa?no tlp saya
08992573464
Trima ksih

mau tanya yang jual kelinci flemist giant yang ras asli wilayah jakarta,,

Mas tolong info nya untuk di bekasi di mana bisa beli kelinci fg. Sebelumnya Trima kasih
Ali.effendi18@gmail.com
081383934554

Mas Saya Rian, di Palembang
Saya lagi cari Flemish GIant yg Bagus, sepasang, anakan aja mas, biar bisa murah, klo kirim ke palembang bisa??
asriandy@hotmail.com

Mas bisa sms no hp nya ke no 081372404706

Asalamualaikum..
mau tanya ney biar cepet gede FG dikasih pakan pelet merk apa yak yg bener2 jitu..hehehee bukan maksud membeda2kan brand merk pakan kelinci...
makasihhhhhhhhhh..ditunggu balesannya mas Hendra Wibowo :)

Assalamu'alaikum
mas saya minta tolong bisa rekomendasikan jenis FG murni di daerah kota batu atau malang......
Trimakasih

Gan saya pngen beli kelinci raksasa anaknya brpa ?? Flemish Giant satunya brpa??

saya pingin juga beli jenis FG ... minta alamat and no pe bisa? no saya 085785556468

Mas penjual kelinci FG di jakarta yang berkualitas dimana ya?

Yg jual fg yg asli murni mna ya om mohon infox

FG yang murni itu biasanya anakannya sekitar 2 juta usia 2-3 bulan. murni artinya sejak diimpor dari luar negeri belum pernah dikawinkan dengan FG yang sudah lokal.. FG murni ini memang lebih besar dari FG "biasa".. meskipun FG "biasa"pun sebenarnya juga sudah sangat besar.

Pengen order tapi belinya dimana n harganya berapa ya untuk yang anakan asli kelinci flamish giant

Mohon info penjual FG di daerah Magelang pak, soalnya berdomisili di magelang.

Salam kenal mas,sy jg minat kelinci fg yg murni tapi susah dapatx.tolong infox mas ini nomor hp ku 081355570900

Butuh fg kualitas bagus,bisa hub 081553445451,trims ya mas.di tunggu kabarnya

Klo mau impor yg asli FG nya kena brp ya?

Salam kenal mas hendra....saya oka mau nanya kalo nyari indukan FG buat kirim ke lombok bisa ngak...serius banyak peminatnya. okawirawansudharma@gmail.com

Mohon informasi jelas dan akurat, alamat peternak FG, saya peminat serius beternak jenis ini, harapan saya bobot dewasa minimal 6 kg. kelinci yang saya punya dalam kisaran 3 - kg saja. Saya di jl Bangau RT 13 Muara Teweh Kalimantan tengah, email agusplan@yahoo.co.id Hp. 081349689129. Ada Info akurat Kiranya bisa hubungi saya buat pembicaraan lebih lanjut. Terima kasih...

Mas Hendra..
Sy pesan satu pasang flemis giat.
WA sy di 08993012346
Yg siap pruduksi..


EmoticonEmoticon